Aliong Mus-Sahril Thahir Unggul dalam Survei Pilkada Maluku Utara 2024

Pemaparan Hasil Survei (AAN) Research & Political Consultant

Terrnate,ABARCE.COM-Pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Maluku Utara, Aliong Mus-Sahril Thahir (AM-SAH), memimpin dalam survei Pilkada Maluku Utara 2024 yang diumumkan oleh Aliansi Anak Negeri (AAN) Research & Political Consultant.

Survei pertama dilaksanakan sejak 23 hingga 29 Juni 2024, melibatkan 15 tokoh bakal calon. Pada survei kedua, yang diadakan dari 12 hingga 18 September 2024, jumlah pasangan calon menyusut menjadi 8 yang telah mendaftar di KPU Provinsi Maluku Utara.

Hasil survei kedua menunjukkan bahwa Aliong Mus-Sahril Thahir meraih elektabilitas tertinggi sebesar 29,1%. Mereka diikuti oleh pasangan Husain Alting Syah-Asrul Rasyid Ichsan dengan 19,2%, Benny Laos-Sarbin Sehe 14,1%, dan Muhammad Kasuba-Basri Salama 13,9%.

Direktur AAN Research & Political Consultant, Malik Suma, dalam konferensi pers di Hotel Golden Safirna Ternate, menjelaskan bahwa tingginya elektabilitas Aliong-Sahril dipicu oleh konsistensi Partai Golkar dan pergeseran pemilih dari AHM ke Aliong. "Kehadiran Sahril dari Partai Gerindra juga berkontribusi signifikan," ungkapnya.

Sebelum berpasangan dengan Sahril, Aliong Mus memiliki elektabilitas 23,9%, sementara Husain Alting Syah 15,4%, Benny Laos 11,7%, dan Muhammad Kasuba 9,3%.

Malik menambahkan, keberhasilan setiap pasangan calon sangat bergantung pada strategi pemenangan yang diterapkan. “Kami belum dapat memprediksi siapa yang akan unggul, karena masing-masing memiliki pendekatan berbeda,” tutupnya.

Metode survei yang digunakan adalah multistage random sampling, dengan margin of error sebesar ± 3,7% pada tingkat kepercayaan 95%. Quality control dilakukan secara acak sebanyak 20% dari total sampel, yang terdiri dari 1.000 responden.

Dari total responden, 23,7% menyatakan belum memutuskan atau merahasiakan pilihan mereka. Penentuan sampel dilakukan dengan sistematis di setiap desa/kelurahan, di mana setiap RT diambil secara acak dengan 2 kepala keluarga sebagai unit terkecil sampel.

Lebih baru Lebih lama
abarce

Formulir Kontak