Hampir Tiap Hari Gunung Api Ibu Erupsi

Foto : Gunung Api Ibu Halmahera Barat Saat Erupsi 

Halbar,ABARCE.COMHampir setiap harinya gunung api ibu terus mengalami erupsi dan semburkan abu vulkanik di wilayah sekitar kaki gunung ibu.

Seperti biasanya pada hari ini, sekitar pukul 18:31 Senin 15 Juli 2024 Gunung Ibu kabupaten Halmahera barat Maluku utara (Malut) kembali  erupsi  dengan tinggi kolom abu teramati ± 600 m di atas puncak (± 1.925 m di atas permukaan laut.

"Iya hampir setiap hari gunung ini mengalami erupsi," ungkap Alx Roeroe, salah satu petugas pemantau gunung api ibu

Kolom abu teramati berwarna kelabu dengan intensitas tebal condong ke arah timur. Erupsi ini terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 28 mm dan durasi ± 3 menit 10 detik.

Saat ini G. Ibu berada pada Status Level III (Siaga). Sesuai dengan rekomendasi Petugas pos pengamatan, Masyarakat di sekitar G. Ibu dan pengunjung atau wisatawan di himbau  agar tidak beraktivitas di dalam radius 4 km dan perluasan sektoral berjarak 5 km ke arah bukaan kawah di bagian utara dari kawah aktif G. Ibu.

"Status gunung ibu sekarang berada di level tiga sehingga ada himbauan untuk warga setempat agar jangan dulu beraktifitas diradius empat kilo meter" ujar Alx

Selain itu kata Dia, Jika terjadi hujan abu, masyarakat yang beraktivitas diluar rumah disarankan untuk menggunakan pelindung hidung, mulut (masker) dan mata (kacamata).

Lebih baru Lebih lama
abarce

Formulir Kontak