Gunung Ibu Halbar Kembali Erupsi

 

Gunung Dukano Halmahera Barat Maluku Utara

Halbat,ABARCE.COM-Gunung Api Ibu Di Kabupaten Halmahera Barat Provinsi Maluku Utara Kembali Erupsi pada Pagi Tadi, Senin (13/05/24). Erupsi Gunung Api Ini Terjadi Sekitar Pukul Sembilan Lewat Dua Belas Menit Waktu Indonesia Timur Dengan Tinggi Kolom Abu Teramati ± 5.000 Meter Di Atas Puncak.


Erupsi terjadi Setinggi Kurang Lebih Lima Ribu Meter Dari Puncak. Kolom Abu Vulkanik Ini, Condong Ke Arah Barat. Kolom Abu Ini Teramati Berwarna Kelabu Hingga Hitam Dengan Intensitas Tebal Condong Ke Arah Barat.


Berdasarkan Data Dari Badan Geologi, Erupsi Ini Terekam Di Seismogram Dengan Amplitudo Maksimum 28 Mm Dan Durasi Sementara Ini ± 5 Menit 6 Detik Terdengar Suara Dentuman Dan Gemuruh.


Saat Ini Gunung Ibu Masih Berada Pada Status Level Tiga Siaga. Masyarakat Di Sekitar Gunung Ibu Dan Pengunjung Wisatawan Agar Tidak Beraktivitas Di Dalam Radius 3 Km Dan Perluasan Sektoral Berjarak 5 Km Ke Arah Bukaan Kawah Di Bagian Utara Dari Kawah Aktif Gunung Ibu.


Sementara Tim Badan Geologi Masih Mengamati Erupsi Gunung Ibu Yang Sedang Berlangsung Di Pos Pemantau Gunung Ibu Di Desa Gam Ici.

Lebih baru Lebih lama
abarce

Formulir Kontak