Ketua Bawaslu Halsel Nyaris Baku Hantam dengan Saksi Parpol

Foto : Tangkapan layar Video yang tersebar di sosial media

Halsel, ABARCE.COM - Seorang saksi dari partai politik nyaris adu jotos dengan Ketua Bawaslu Halmahera Selatan, saat pleno rekapitulasi hasil perolehan di KPU berlangsung. Kericuhan ini terjadi lantaran saksi menemukan adanya indikasi kecurangan di tingkat kecamatan.


Seorang saksi partai Politik di Kabupaten Halmahera Selatan, Maluku Utara nyaris adu jotos dengan Ketua Bawaslu, Rais Kahar, saat rapat pleno rekapitulasi perolehan suara tingkat kabupaten berlangsung di sebuah Hotel di Kecamatan Bacan, Halmahera Selatan, Selasa (5/3/2024).


Saksi Partai Politik yang diketahui bernama Abdurahman Hamzah ini terlihat menuju ke meja anggota Bawaslu, Saksi tersebut kemudian adu argumen dengan Ketua Bawaslu, Rais Kahar, hingga nyaris adu jotos, namun berhasil dilerai anggota bawaslu.


Sebelumnya, salah satu saksi lainnya juga terlihat menuju ke mejea penyelenggara pemilu tingkat kecamatan Gane Barat Utara, saksi tersebut lalu mendorong kepala Ketua PPK Kecamatan Gane Barat Utara.


Insiden itu terjadi lantaran sejumlah saksi diduga menemukan adanya pengelembungan suara di Kacamatan Gane Barat Utara, Halmahera Selatan, lantaran hasil rekapitulasi perolehan yang di Bacan Komisioner KPU angkanya tidak sesuai dengan form C satu dan Plano yang dipegang sejumlah Saksi.


Ketua KPU Provinsi Maluku, Pudja Sutamat mengatakan, jika ada perselisihan angka dalam rapat pleno tersebut maka ada hak saksi untuk mengoreksi bukan main hakim sendiri apalagi menyentuh penyelenggara pemilu dengan maksud intimidasi.

Lebih baru Lebih lama
abarce

Formulir Kontak