KSAD Maruli Simanjuntak di Anugerahi Gelar Adat Oleh Kesultanan Ternate

 

TERNATE -- Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Maruli Simanjuntak menerima gelar adat dari Kesultanan Ternate, Maluku Utara. Senin (5/2/2024). 


Gelar kehormatan yang sematkan Oleh Sultan Hidayatullah Sjah adalah Kapita Besi Ahi Malamo yang berarti Panglima perang terkuat.


KSAD Maruli Simanjuntak didampingi istri mendatangi kedaton Kesultanan Ternate langsung disambut perangkat Sultan Ternate Hidayatullah Sjah bersama perangkat adat Kesultanan. 


Tak sendiri kedatangan Maruli Simanjuntak bersama Pangkostrad Letjen TNI Muhammad Saleh Mustafa dan Pangdam Patimura Mayjen TNI Syahrial bersama rombongan. dan langsung disambut adat joko kaha atau injak tanah di depan halaman Kesultanan Ternate. 


Selanjutnya KSAD lalu diarahkan naik ke ruang utama Kedaton dan diberi penyematan gelar oleh Sultan Ternate selain itu KSAD juga dipersilakan melihat kamar puji yang berada dalam kedaton kesultanan Ternate dan dilanjutkan makam malam bersama di areal samping kiri kedaton. 


KSAD Maruli Simanjuntak saat diwawancarai mengatakan, merasa bangga karena telah diberikan kehormatan gelar adat. 


"Malam ini saya merasa mendapat kehormatan dari Sultan untuk mendapatkan gelar kehormatan sebagai kapita perang terkuat. Ini menjadi suatu kehormatan kebanggaan buat saya untuk intens lagi berkomunikasi Sultan khususnya dan masyarakat Kota Ternate. Mudah - mudahan kita nanti mempunyai program - program untuk sama - sama menjaga keutuhan NKRI, meningkatkan kehidupan masyarakat," ucap KASAD. 


Sementara Sultan Ternate Hidayatullah Sjah mengatakan sangat bersukur karena KASAD sudah mau berkunjung ke bumi moloku kie raha. 


"Kami sangat bersyukur kepada Allah SWT atas tuntutannya pak Kasad mau datang. Kita sangat bersyukur sekali mudah mudahan dengan pemberian gelar ini masyarakat Maluku Utara generasi mudanya terpacu untuk melatih dirinya bilamana ingin menjadi tentara, harus ada kesiapan diri," kata Sultan.

Lebih baru Lebih lama
abarce

Formulir Kontak